Obat Penurun Panas Anak yang Bagus

Saat anak demam pasti orang tua akan melakukan segala cara untuk meredakan panasnya termasuk memberikan obat penurun panas dari apotek maupun obat penurun panas alami. Apalagi jika anak menjadi sulit tidur atau mengigau, sudah pasti rasa khawatir akan bertambah tinggi. Untuk pertolongan pertama ketika demam pastikan anak menggunakan pakaian yang nyaman dan segera kompres dahinya dengan air hangat.

Namun cara tersebut tentu belum cukup, segera ke apotek terdekat dan beli lah obat penurun panas yang aman dikonsumsi untuk anak-anak. Biasanya apoteker akan merekomendasikan beberapa merek terbaik jika kamu bingung memilih obat yang tepat. Namun sebagai bahan referensi, berikut ini kami sajikan informasi mengenai obat penurun panas anak yang baik agar tidak bingung lagi ketika menghadapi momen anak sedang demam atau panas.

Proris Ibuprofen

Obat Penurun Panas
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada

Ibuprofen adalah kandungan aktif yang berguna meredakan pusat nyeri dan demam. Nah, ketika anak sedang demam formulasi Ibuprofen pada obat suspense Proris akan membantu meredakannya sehingga para anak-anak bisa istirahat dengan nyaman.

Obat penurun demam Proris Ibuprofen bisa dikonsumsi untuk anak-anak dengan umur mulai dari 1 sampai 12 tahun. Setiap takarannya (5ml) memiliki kandungan 100 mg Ibuprofen dan diberikan pada anak dengan dosis sebanyak 3 hingga 4 kali dalam sehari jika suhu tubuhnya sudah lebih dari 39 derajat Celcius.

Tempra Paracetamol

Obat Penurun Panas
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada

Sama dengan Ibuprofen, untuk meredakan pusat nyeri kamu juga bisa mengandalkan Paracetamol. Salah satu obat penurun panas anak yang baik dengan kandungan Paracetamol yang banyak diandalkan oleh para Ibu adalah Tempra. Merek yang satu ini memiliki dua jenis formulasi berbeda sesuai dengan usia anak.

Jika akan memberi Tempra di Apotek biasanya Apoteker akan menanyakan terlebih dahulu usia anak sehingga tidak perlu bingung membedakannya. Selain itu pada bagian depan kemasannya juga terdapat informasi kategori usia anak yang bisa mengonsumsi obat.

Termorex Sirup Paracetamol

Obat Penurun Panas
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada

Nah, kalau obat penurun panas anak yang bagus kali ini terkenal dengan rasa jeruknya yang manis untuk anak-anak. Termorex Paracetamol sangat mudah didapatkan di warung atau toko terdekat jika lokasi Apotek jauh dari rumah kamu. Harganya pun sangat terjangkau mulai dari Rp10.000-an saja.

Termorex Paracetamol diklaim bebas dari kandungan alkohol sehingga tidak berbau menyengat dan lebih efektif dalam menurunkan panas anak. Menurut aturan pemakaian, obat berbentuk sirup ini bisa dikonsumsi oleh anak dengan umur 0 sampai 12 tahun yang sedang rentan terhadap serangan penyakit dari luar.

Paracetine Sirup

Obat Penurun Panas
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada

Obat pereda panas anak yang bagus kali ini adalah Paracetine. Dalam satu botolnya terdapat kandungan aktif Paracetamol, ephedrine, chlorpheniramne maleate, dan glyceryl guaiacolate untuk meredakan nyeri di pusat rasa sakit anak dengan usia 2 sampai 12 tahun. Itu berarti kamu tidak boleh menggunakan obat ini untuk mengobati panas anak di bawah 2 tahun ya.

Bukan hanya bisa menurunkan panas saja, Paracetine juga berfungsi meringankan gejala batuk pilek seperti hidung tersumbat, batuk, bersin, dan lainnya. Namun jika sakit belum mereda setelah 2 hari sebaiknya kunjungi dokter terdekat untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

Praxion Paracetamol

Obat Penurun Panas
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada

Urusan mengobati demam dan pertolongan pertama untuk panas pada anak serahkan saja pada Praxion. Setelah makan dan beristirahat, pastikan memberikan anak Praxion Paracetamol agar panasnya cepat mereda. Obat ini bisa diberikan pada anak dengan rentang usia mulai dari 1 sampai 6 tahun dengan takaran sesuai aturan pemakaian.

Salah satu produk dari Pharos Indonesia ini memiliki 3 jenis yang bebeda. Pertama, ada Praxion Drops yang diperuntukkan bagi anak dengan kategori usia 1-2 bulan, kemudian Praxion Syrup untuk anak usia 2 sampai 5 tahun, dan yang terakhir adalah Praxion Syrup Forte untuk anak usia 2 sampai 5 bulan, 6 sampai 12 tahun, dan ada pula produk untuk anak lebih dari 12 tahun.

Hufagripp TMP

Obat Penurun Panas
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada

Selain terkenal memiliki varian produk yang ampuh untuk mengobati flu dan batuk, ada Hufagripp TMP yang manjur meredakan panas pada anak usia 1 sampai 12 tahun. Salah satu obat penurun panas anak yang bagus ini memiliki kandungan Ibuprofen dan tersedia dalam bentuk sirup dengan rasa yang disukai oleh anak-anak.

Jika anak telah mencapai suhu badan di atas 39 derajat Celcius, maka berikan Hufagripp TMP dengan takaran 5mg sebanyak 3 sampai 4 kali dalam satu hari. Selain itu imbangi dengan asupan nutrisi dan minum yang cukup agar tubuh anak tidak dehidrasi.

Panadol Anak Paracetamol

Obat Penurun Panas
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan merek yang satu ini. Panadol memang memiliko track tecord yang baik karena sering diandalkan untuk mengobati demam dan sakit kepala pada orang dewasa. Namun tahukah kamu bahwa ada juga Panadol untuk anak-anak? Hadir dengan bentuk sirup yang mudah dikonsumsi, Panadol Anak bisa meredakan panas dan nyeri yang dirasakan ketika anak-anak dalam kondisi sakit atau demam.

Obat penurun panas yang bagus dengan rasa raspberry ini dengan mudah bisa didapatkan di Apotek dalam bentuk botol 60 ml. Panadol Anak bisa dikonsumsi untuk anak dengan usia 1 sampai 6 tahun namun dengan catatan takarannya berbeda-beda sesuai aturan pakai.

Pamol Paracetamol

Obat Penurun Panas
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada

Tenang, masih ada kok rekomendasi obat penurun panas anak yang bagus dengan kandungan Paracetamol. Kamu bisa memberikan Pamol saat anak sudah mengalami gejala demam seperti panas tinggi. Analgesik antipiretik alias obat penurun panas yang satu ini diperuntukkan untuk dikonsumsi anak-anak dengan rentang usia 1 sampai 5 tahun.

Pamol juga kerap digunakan untuk mengurangi nyeri ketika anak sedang sakit kepala ringan dan sakit gigi yang biasa muncul saat masa pertumbuhan.

Farsifen Ibuprofen

Obat Penurun Panas
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada

Nah, kalau obat penurun panas anak yang bagus kali ini mengandung formula Ibuprofen dan aman digunakan untuk dikonsumsi oleh anak kategori usia 1 sampai 12 tahun. Farsifen akan membantu anak tidur dengan nyenyak karena ada efek samping menyebabkan kantuk. Sayangnya ada catatan penting dalam mengonsumsi Farsifen, yakni anak dengan berat badan di bawah rata-rata tidak diperkenankan untuk mengonsumsinya.

Bodrexin Syrup

Obat Penurun Panas
Dapatkan harga terbaik :
Tokopedia Shopee Lazada

Siapa sih yang tidak kenal Bodrexin? Sejak dahulu kala produk farmasi yang satu ini sudah diandalkan untuk mengobati panas dan demam pada anak-anak dengan rentang usia 0 sampai 12 tahun. Jika dahulu berbentuk tablet, sekarang Bodrexin syrup sudah tersebar dimana-mana karena lebih mudah dikonsumsi oleh anak.

Demikian informasi mengenai 10 rekomendasi obat penurun panas anak yang bagus dan bisa dengan mudah kamu dapatkan di Apotek atau toko terdekat. Jangan ragu untuk bertanya pada Apoteker jika terdapat istilah aturan pakai yang kurang dimengerti ya. Semoga informasi di atas bisa membantu memberikan gambaran merek obat pereda panas anak andalan keluarga Indonesia.